BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin
bertambah, terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya
kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak lansung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah
membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi microsoft
office, aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan
masih banyak lagi. Salah satu bagian dari microsoft office adalah mincrosoft office
word.
B. TUJUANG
Setelah membaca makalah ini, pembaca diharapkan untuk dapat :
1. Memehami cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak
microsoft office word.
2. Mengoperasikan fungsi menu-menu microsoft office word.
3. Mengoperasikan perintah cetak pada microsoft office word.
4. Mampu menggunakan / mengaplikasikan penggunaan microsoft office word
dalam kehidupan sehari-hari.
C. MANFAAT
Setelah mempelajari makalah ini, diharapkan untuk dapat :
1. Memahami cara mengoperasikan.
2. Mengoperasikan fungsi menu-menu yang ada.
3. Menggunakan fungsi mencetak hasil pengolahan,dan
a.Bagi Dosen
Bisa dijadikan sebagai acuan dalam mengajar agar para anak didiknya dapat
mengoperasikan komputer khususnya mengenai Ms. Word.
b.Bagi Mahasiswa
Bisa dijadikan sebagai bahan kajian belajar dalam rangka meningkatkan
prestasi diri pada khususnya dan meningkatkan kualitas pendidikan pada
umumnya.
BAB II
PEMBAHASAN
A. SEJARAH MICROSOFT OFFICE
Microsoft office adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan
Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows.
Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word,
Access dan PowerPoint.
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak
pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983
dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian
dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple
Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah
menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft
Office Word.
SEJARAH
1981-1990 Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravo, pengolah kata
berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center
(PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah
ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1
Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini
pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh
WordPerfect dan juga WordStar. Word memiliki konsep "What You See Is What
You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat
menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak
menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket
Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan
WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk
menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari
versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode
sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser,
meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite
dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke
dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada
tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari
masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for
Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform
lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis
pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi
memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0
dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0
dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal
ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang
dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil
digunakan.Tahun 1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari
Word for Windows dirilis Pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika
Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan
pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk
Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya.
Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word
sebagai pemimpin pasar pengolah kata.
B. PENGERTIAN DAN SEJARAH MICROSOFT WORD
Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan
oleh Microsoft. Microsoft Word pertama kali diperkenalkan pada dunia di tanggal 25
Oktober 1983. Waktu itu, nama yang dimilikinya bukanlah Microsoft Word,
melainkan Multi-Tool Word. Di awal perilisannya, Multi-Tool Word hanya bisa
digunakan untuk sistem Xenix, karena waktu itu belum ada Microsoft windows.
Di tahun-tahun berikutnya, seiring dengan perkembangan teknologi, Multi-
Tool Word dikembangkan agar bisa digunakan oleh sejumlah platform lainnya,
seperti komputer IBM, Apple Macintosh, komputer AT&T Unix, Atari ST, OS/2,
SCO Unix dan macOS. Perangkat lunak ini baru bisa digunakan untuk Microsoft
Windows di tahun 1989.
a. Awal Pembuatan
Di tahun 1981, Microsoft mempekerjakan Charles Simonyi,
pengembang Bravo, perangkat lunak pengolah kata pertama yang ada di
dunia. Simonyi mulai mengerjakan pengolah kata bernama Multi-Tool Word
dibantu oleh Richard Brodie, bekas pegawai Xerox. Brodie menjadi
pengembang utama Multi-Word Tool di tahun-tahun berikutnya.
Microsoft merilis Multi-Tool Word untuk perangkat Xenix dan MS-
DOS di tahun 1983. Nama ini kemudian disederhanakan menjadi Microsoft
Word. Tak seperti kebanyakan program MS-DOS lainnya saat itu, Microsoft
Word didesain untuk digunakan dengan mouse. Kemampuan Word pada saat
itu terbatas hanya pada kemampuan untuk melakukan undo, display teks
bold, italic dan underlined atau dengan garis bawah.
Word dengan cepat mengalahkan perangkat lunak pengolah kata
lainnya, WordStar, karena memiliki tampilan yang sangat berbeda. Tahun
demi tahun Microsoft terus menyempurnakan Word dengan merilis versi 2.0
hingga 5.0 hanya dalam kurun waktu enam tahun saja. Di tahun 1985,
Microsoft merilis Word yang bisa digunakan untuk perangkat Mac OS. Sejak
dirilis untuk perangkat Mac OS, penjualan untuk Mac OS lebih tinggi
dibandingkan dengan penjualan di perangkat MS-DOS selama kurang lebih
empat tahun.
b. Dinobatkan Sebagai yang Terbaik
Perilisan kedua untuk Mac OS jatuh di tahun 1987 dengan nama Word 3.0.
Perilisan ini dilakukan untuk sinkronisasi antara pengguna Mac OS dengan
DOS. Ini adalah pertama kalinya pengguna Mac OS dengan DOS bisa saling
bertukar file Word. Word 3.0 hadir dengan banyak perbaikan dan fitur baru, di
antaranya adalah implementasi Rich Text Format (RTF) untuk pertama
kalinya. Namun sayangnya implementasi RTF ini diiringi dengan sejumlah
bug error. Namun beberapa bulan berikutnya, Microsoft merilis versi 3.01
yang memperbaiki bug tersebut. Versi 3.01 ini dikirimkan secara gratis kepada
pengguna Word 3.0 yang terdaftar.
Di pertengahan 90-an, Word di perangkat Mac OS tidak memiliki saingan
berarti. MS Word 5.1 yang dirilis tahun 1992 sangat populer di kalangan
pengguna komputer karena tampilannya yang elegan, kemudahan penggunaan
dan fitur-fitur yang sangat berguna. Banyak penggunanya bahkan mengatakan
bahwa MS Word 5.1 adalah versi terbaik yang pernah dibuat oleh Microsoft.
c. Word untuk Windows
Versi pertama Word untuk Microsoft Windows dirilis pada tahun 1989.
Berbarengan dengan keluarnya Windows 3.0 di tahun berikutnya, penjualan
Word meningkat drastis dan Microsoft pun menjadi penguasa pasar untuk
perangkat lunak pengolah kata untuk komputer IBM.
Di tahun 1991, Word 5.5 dilepas ke pasar. Tampilan Word diperbaharui
menggunakan tampilan yang menyerupai aplikasi Windows lainnya. Di tahun
yang sama, Microsoft mengembangkan sebuah proyek bernama Pyramid yang
tujuannya merombak Microsoft Word secara total. Microsoft membuat dasar
koding yang sama untuk Word versi Windows dan Word versi Mac OS.
Namun proyek ini kemudian ditinggalkan karena proyek ini akan
memakan waktu yang sangat lama jika Word dibuat dari nol dibandingkan
dengan mengerjakan ulang Microsoft Word yang sudah ada. Di Word versi
6.0 akhirnya dibuat dari kodingan yang mengambil dari kodingan Windows
2.0. Word 6.0 mengusung fitur AutoCorrect yang berfungsi mengoreksi
pengetikan kata yang salah secara otomatis.
d. Word untuk Mac
Di tahun 1997, Microsoft membentuk Macintosh Business Unit, sebuah
grup independen di dalam perusahaan Microsoft yang fokusnya adalah
mengerjakan software yang ingin dirilis di perangkat Mac OS. Versi Word
pertama yang berhasil ditelurkan oleh grup ini adalah Word 98.
Word 2001 yang keluar di tahun 2000 dilengkapi sejumlah fitur baru,
seperti Office Clipboard. Fitur ini memungkinkan pengguna Word untuk
melakukan copy paste banyak hal dalam satu waktu. Word 2001 adalah yang
terakhir dirilis oleh Microsoft untuk perangkat classic Mac OS. Di perangkat
yang lebih canggih, yakni Mac OS X, Microsoft merilis Word X.
Word 2004 dirilis di bulan Mei 2004. Fitur yang ada di dalamnya adalah
tampilan Notebook Layout yang memudahkan pengguna untuk menulis di
Word dengan hanya menggunakan suara. Word 2008 yang keluar di bulan
Januari 2008 (sepertinya sudah jadi kebiasaan Microsoft untuk menamai
produk sesuai dengan tahun rilisnya) dilengkapi dengan fitur Elements
Gallery. Fitur ini bisa digunakan untuk memilih layout halaman dan
memasukkan diagram dan gambar.
Word 2011 yang dirilis bulan Oktober 2010, mengganti fitur Elements
Gallery dengan tampilan Ribbon yang mirip dengan Office for Windows.
Word 2011 dilengkapi dengan mode full screen yang membantu pengguna
untuk fokus pada membaca atau menulis dokumen.2
C. PENGENALAN MICROSOFT WORD
Microsoft Word (selanjutnya dalam tutorial ini disingkat MS Word atau
Word) merupakan program untuk mengolah kata (teks). Program ini bisa digunakan
untuk menulis dokumen misalnya skripsi, novel, laporan penelitian, laporan,dan
sebagainya. Selain menulis teks, MS Word juga dapat digunakan untuk bekerja
dengan tabel, teks artistik, formula, menyisipkan gambar, shape, bagan organisasi
dan lainnya.
Secara default, tampilan area kerja program MS Word terdiri atas Title
Bar,Menu Bar, Tool Bar, Ruler, dan Task Pane, Ruler, scroolbar, status bar.
Tampilan lembar kerja dapat dilihat seperti gambar berikut:
a. Title Bar : berisi judul dokumen dan tombol, minimize,maximize,Exit
b. Menu Bar : berisi menu-menu shorcut perintah dalam word
c. Toolbar : berisi tombol-tombol shorcut perintah dalam word
d. Tombol close dokumen
e. Task Pane : Panel task (kumpulan task dalam word)
f. Vertical scroolbar : menggeser tampilan dokumen secara vertikal
g. Horizontal scroolbar : menggeser tampilan dokumen secara horizontal
h. Halaman tempat membuat teks atau dokumen
i. Horisontal Ruler : melihat atau mengatur batas teks
j. Ruler indent : mengatur tabulasi
k. Kursor : penanda posisi aktif pengetikan secara default teks yang diketik akan
ditempatkan di kursor
Page 7
l. Vertikal ruler :melihat atau mengatur batas teks
m. Toolbar drawing : kumpulan tombol shorcut untuk membuat gambar atau
bentuk sederhana
n. Status bar : untuk menampilkan halaman yang aktif, jumlah halaman, baris dan
kolom yang aktif3
D Memulai Mengoperasikan Microsoft Word
a. Cara mengaktifkan MS-Word
Klik star → pilih Program, → pilih Microsoft Word atau
Double klik icon Microsoftword pada desktop
Tunggu sampai terbuka lembaran kerja
b. Cara membuka lembaran kerja baru
Pilih menu File lalu klik New sehingga muncul jendela Task Pane yang
menampilkan bagian New Document. Setelah itu, pilihlah Blank
Document untuk membuat dokumen. atau
Klik Icon New pada toolbar standar atau
Tekan Ctrl+N pada keyboard
c. Cara menyimpan data
Dengan Mouse pilih menu File kemudian pilih Save As (untuk dokumen
yang belum diberi nama)
Pada kotak Save In tentukan dimana akan disimpan (disket : 3½ floppy disk,
flashdisk atau dalam hard disk)
Pada kotak Save Name beri nama dokmen
Klik tombol Save yang berada di kanan bawah. Menyimpan secara langsung
(dokumen yan telah diberi nama) bisa dengan mengklikIcon Save yang
ada pada toolbar standar atau pilh menu File klik Save atau tekan
tombol Ctrl+S pada keyboard.
d. Cara membuka File yang sudah disimpan
Setelah lembaran kerja dibuka
Pilih menu File lalu pilih Open atau klik Icon Open pada toolbar standar
atau tekan Ctrl+O pada keyboard
Setelah muncul kotak dialog pada kotak Look In tentukan dimana file yang akan dipanggil.
Pada kotak File Name tentukan nama file yang akan dipanggil
Klik tombol Open yang berada dikanan bawah.
e. Cara menutup File (lembar kerja) yang sedang terbuka
Sesudah File disimpan
Pilih File lalu klik Clouse atau
Klik tanda pada baris kedua (baris menu) disudut kanan atas toolbar
f. Cara keluar dari MS-Word
Setelah lembaran kerja ditutup
Pilih File lalu klik Exit atau
Klik tanda yang tedapat pada baris judul yang berada disudut kanan atas
toolbar.4
E. FUNGSI FUNGSI PADA MS WORD
Menu control window : untuk menutup, mengembalikan, memindahkan,
mengukur, membesarkan dan mengecilkan jendela
Menu bar : baris yang berisi menu-menu perintah
Toolbar : baris yang berisi kumpulan gambar/simbol yang mewakili suatu
perintah dalam menu
Statusbar : untuk menampilkan formasi tentang nomor halaman
dokumen,posisi kursor,modus pengetikan dan keterangan singkat mengenai
fungsi waktu
Titlebar : berisikan nama program aplikasi dan nama file yang sedang aktif.
Baris judul ini digunakan untuk memindahkan jendela ke posisi lain yang
dinginkan(digeser dengan mouse)
Icon maximize : untuk memperbesar jendela hingga satu layar
penuh/mengembalikan jendela ke ukuran sebelumnya.
Icon minimize : untuk memperkecil jendela hingga membentuk icon aktif
pada taskbar
Scroll bar : untuk menggulung jendela dokumen pada lembar kerja
kekanan/kekiri dan keatas/ke bawah
Workspace area : daerah yang digunakan untuk melakukan pengetikan
dokumen.
Perbedaan Tab, Ribbon, dan Group:
Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab Home,
Insert, Page Layout,References, Mailings, Review, dan View.
Ribbon adalah area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang
aktif.
Group adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan
fungsi. Jadi, Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri
terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki
kesamaan fungsi.
a. Office Button
Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri
berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send,
Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen
yang baru-baru ini dibuka.
Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word
Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan
Exit Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word).
N Nama Icon Fungsi
1 New untuk membuat file dokumen kosong baru
2 Open untuk membuka file dokumen yang tersimpan
3 Save untuk menyimpan file dokumen aktif
4 Save As
untuk menyimpan file dokumen ke dalam format
tertentu
5 Print untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
6 Prepare
untuk melakukan properti khusus terhadap file
dokumen aktif
7 Send
untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai
email / facsimile
8 Publish
untuk menerbitkan dokumen aktif ke website /
blog / dll
9 Close
untuk menutup file dokumen aktif
b. TAB HOME
Group Clipboard
No Nama Icon Fungsi
1 Paste untuk menempelkan hasil copy atau cut
2 Cut untuk memotong teks/objek terpilih
3 Copy untuk menggandakan teks/objek terpilih
4 Format Painter
untuk meniru format halaman dokumen ke dalam
dokumen lainnya
* Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk
mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
Group Font
No Nama Icon Fungsi
1 Font untuk memilih jenis huruf
2 Font Size untuk mengatur ukuran huruf
3 Grow Font untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
4 Shrink Font untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
5 Change Case untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
6 Clear Formatting untuk menghapus pemformatan teks terpilih
7 Bold untuk menebalkan teks terpilih
8 Italic untuk memiringkan Teks terpilih
9 Underline untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
10 Strikethrough memberikan tanda coret padateks terpilih
11 Subscript untuk mengetik karakter pemangkatan
12 Superscript untuk mengetik karakter pemangkatan
13 Text Effect untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
14
Text Highlight
Color
untuk memberikan warna stabilo di belakang teks
terpilih
15 Font Color untuk mengatur warna teks terpilih
Group Paragraph
No Nama Icon Fungsi
1 Bullets
untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf
terpilih
2 Numbering
untuk memberikan format penomoran di tiap
paragraf terpilih
3 Decrease Indent untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
4 Increase Indent untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
5 Left-to-Right
untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke
kanan (format Latin)
6 Right-to-Left
untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke
kiri (format Arab)
7 Sort untuk menyortir data
Show Paragraph
Marks
untuk menampilkan / menyembunyikan tanda
koreksi paragraph
9 Align Text Left untuk mengatur teks rata kiri
10 Center untuk mengatur teks rata tengah
11 Align Text Right untuk mengatur teks rata kanan
12 Justify untuk mengatur teks rata kanan-kiri
13 Line Spacing untuk mengatur jarak antar baris teks
14 Shading untuk mengatur warna latar teks terpilih
15 Border
untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih
Group Styles
No Nama Icon Fungsi
1 Heading Styles
berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf
terpilih
2 Change Styles berisi pilihan pengaturan tema paragraph
Group Editing
No Nama Icon Fungsi
1 Find
untuk mencari kata tertentu
berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
2 Replace untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan
Page 11
untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
3 Select
untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam
suatu file
c. TAB INSERT
Group Pages
No Nama Icon Fungsi
1 Cover Page Untuk membuat cover/ sampul depan
2 Blank Page untuk menyisipkan sebuah halaman baru
3 Page Break
Untuk memulai halaman selanjutnya
pada posisi saat ini
Group Table
No Nama Icon Fungsi
1 Table untuk membuat table
Group Illustrations
No Nama Icon Fungsi
1 Picture
untuk menyisipkan gambar ke dalam
dokumen
2 Clip Art
Untuk menyisipkan kreasi seni, film,
suara atau photo yang telah terformat
3 Shapes
untuk membuat bentuk-bentuk tertentu
tanpa harus memakai aplikasi tambahan
4 SmartArt
untuk menampilkan sebuah visualisasi
informasi yang akan ditampilkan dalam
bentuk gambar, sehingga mudah dan
cepat dalam pembuatannya
5 Chart untuk membuat diagram
Group Links
No Nama Icon Fungsi
1 Hyperlink
Untuk menambahkan sebuah link untuk
sebuah halaman web
2 Bookmark
untuk menyisipkan tanda yang dapat
dipakai untuk di tuju pada dokumen
3 Cross-reference
Digunakan untuk
menyisipkanfootnote,caption, cross
reference, dan indeks
Group Header & Footer
No Nama Icon Fungsi
1 Header
untuk membuat teks yang selalu muncul
pada bagian atas dari dokumen
2 Footer
untuk membuat teks yang selalu muncul
pada bagian bawah dari dokumen
3 Page Number
untuk menyisipkan nomor halaman ke
dokumen
Group Text
No Nama Icon Fungsi
1 Text Box
untuk menyisipkan kotak teks pada
dokumen
2 Quick Parts
untuk menyisipkan objek-objek yang
sering digunakan dengan cepat dan
efisien
3 WordArt
untuk menyisipkan dekorasi tulisan ke
dalam dokumen
4 Drop Cap
Untuk menambahkan huruf kapital
dalam ukuran besar di awal paragraph
5 Signature Line
Untuk menyisipkan garis tanda tangan
pemilik dokumen
6 Date & Time
untuk menyisipkan tanggal dan waktu
yang aktif pada dokumen yang sedang
aktif
7 Object
untuk menyisipkan objek ke dalam
dokumen.
Group Symbols
No Nama Icon Fungsi
1 Equation untuk membuat format matematika
2 Symbol untuk penyisipan simbol-simbol khusus
d. Tab Page Layout
Tab ini terdiri dari 5 Group perintah, yaitu : (1) Themes, (2) Page Setup, (3)
Page Background, (4) paragraph, dan (5) Arrange.
Group Themes
No Nama Icon Fungsi
1 Themes
untuk memilih tema halaman yang
meliputi warna halaman berikut warna
hurufnya
2 Color untuk mengatur warna tema halaman
3 Fonts
untuk mengatur tema huruf yang akan
diterapkan ke halaman dokumen aktif
4 Effect
untuk mengatur tema efek terhadap objek
Shape yang terdapat di halaman dokumen
Group Page Setup
group Page Setup yaitu : (1) Margins, (2) Orientations, (3) Size, (4)
Columns, (5) Breaks, (6 ) Line Numbers, dan (7) Hypenation.
No Nama Icon Fungsi
1 Margins
untuk mengatur batas teks di halaman
dokumen
2 Orientation untuk mengatur posisi kertas
3 Size untuk mengatur ukuran halaman
4 Columns untuk mengatur jumlah kolom teks
5 Breaks
untuk mengatur kontinuitas halaman
maupun kolom teks
6 Line Numbers
untuk mengatur kontinuitas nomor baris
teks
7 Hypenation
untuk memisahkan suku kata dengan
tanda hubung secara otomatis
Group Page Background
Ada tiga menu perintah: (1) Watemark (2) Page Color, dan (3) Page
Borders.
No Nama Icon Fungsi
1 Watermark
untuk memberikan efek tanda air di
belakang teks
2 Page Color untuk mengatur warna latar halaman
3 Page Borders digunakan untuk mengatur garis tepi halaman
Group Paragraph
perintah-perintah yang terdapat group ini: (1) Indent, dan (2) Spacing.
No Nama Icon Fungsi
1 Indent untuk mengatur batas teks
2 Spacing untuk mengatur jarak antar paragraf
Group Arrange
No Nama Icon Fungsi
1 Position
untuk mengatur posisi objek di dalam
suatu halaman
2 Wrap text
untuk mengatur posisi objek dalam
kaitannya dengan paragraf teks
3 Bring Forward digunakan
untuk untuk memposisikan suatu objek
dengan objek lainnya
4 Send Backward digunakan
untuk mengirim objek terpilih ke belakang
objek lainnya
5 Selection Pane untuk menampilkan panel navigasi objek
6 Align digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
7 Group digunakan
untuk mengelompokkan beberapa objek
menjadi satu grup
8 Rotate digunakan
untuk memutar, dan membalik suatu objek
terpilih
e. TAB REFERENCES
Tab References terdiri dari 6 group: (1) Table of Contens, (2) Footnotes,
(3) Citation & Bibliography, (4) Captions, (5) Index, dan (6) Table of
Authorities.
5
F. a. MEMBUAT DOKUMEN BARU
Untuk memulai bekerja dengan microsoft word, terlebih dahulu aktifkan
program microsoft word office 2007. Setelah membuka microsoft word secara
otomatis kita akan dapat melihat tampilan dokumen baru juga dapat dijalankan
dengan cara meng-klik tombol new pada office button atau menekan
tombol CTRL+N pada keyboard. Didalam lembaran dokumen kita akan
menjumpai garis vertikal yang berkedip-kedip yang disebut dengan kursor yang
menandakan bagian dokumen aktif.
b. MENULIS TEKS
Tempatkan kursor dibaris dan karakter pertama dokumen. Memindahkan
kursor dapat dengan cara :
Menggunakan mouse, dengan cara menggeser pointer mouse ke bagian
dokumen tempat kursor yang ingin kita pindahkan.
Menggunakan keyboard, dengan menekan tombol-tombol yang terdapat pada
keyboard.
c. MENYIMPAN DOKUMEN
Pada saat menyimpan dokumen kedalam bentuk file kita tidak boleh
memberi nama file yang sama dengan file yang sudah ada dalam satu folder.
+S pada keyboard
Jika melakukan salah satu ddari tiga langkah tersebut, word akan
menampilakan kotak dialog save
Pada kotak Beberapa karakter yang tidak dapat digunakan pada saat
memberikan nama file, yaitu: asterik (*), titik dua (:), tanda petik (“), tanda
tanya (?), lebih kecil (<), lebih besar (>), backslash (\), dan garis tegak (|).
Langkah-langkah membuat dokumen baru :
Lakukan salah satu dari perintah berikut ini :
– Dari Quick Acces toolbar klik ikon save.
– Cari tombol save pada office button kemudian klik tombol tersebut.
– Tekan tombol CTRLdialog yang muncul, Save in carilah folder
tempat meletakkan file dokumen dengna nama DOKUMEN WORD
Pada kotak teks File name, ketikkan nama file dengan nama LATIHAN1
MS WORD
Klik tombol save
d. MENUTUP NASKAH
Jika naskah telah selesai dan tidak akan diedit lagi kita dapat
menutupnya dengan memilih dan meng-klik tombol close pada office
button, atau X (close) pada kontrol jendela.
Membuka kembali naskah atau file yang ada, langkah-langkahnya :
Pilih ikon open pada office button.
Pilih dan klik drive, dan cari folder tempat dimana file disimpan.
Pada kotak dialog isian file dokumen LATIHAN MS WORD atau
klik dua kali pada nama file yang ingin dibuka
Klik tombol perintah open.
G. Mengedit Teks
Jika anda membuat kesalahan selam proses pengetikan, Anda dapat
memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
Tekan tombol Backs Space untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit,
Repeat Typing (Ctrl+Y).
Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit,
Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan
tombol Shift+Enter.
H. Meng-Copy / Menyalin Teks
Untuk menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini :
Pilih teks yang akan Anda salin.
Kemudian pilih dan klik menu Edit, Copy (Ctrl+C).
Tempatkan titik sisip di lokasi baru.
Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
I. Men-Delete / Menghapus Teks.
Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih, ikuti langkah berikut ini.
Pilih teks yang akan anda hapus.
Kemudian pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.
J. Meng-Cut-Paste/Memindahkan Teks.
Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah
berikut ini :
Pilih teks yang akan Anda pindahkan
Kemudian pilih dan klik menu Edit, Cut (Ctrl+X).
Tempatkan titik sisip pada lokasi baru.
Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
K. Format Teks
Pilih atau sorot teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai
yang anda inginkan.
Tempatkan titik sisip pada posisi awal pengetikan teks,atur formatnya,
kemudian ketik teks yang Anda inginkan.
Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan
mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau
memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
L. Mengubah Jenis dan Bentuk Huruf (Font)
Setiap jenis dan bentuk huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times,
Courier, dan lain-lain. Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya adalah :
Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya.
Pilih dan klik font yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yang
terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.
M. Mengubah Ukuran Huruf (Font Size)
Semua teks yang anda ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan
template Blank Document akan memakai pilihan default font Times New Roman
dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks
yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berikut ini :
Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font
Size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol
Ctrl+Shift+P.
N. Mengatur Format Paragraph
Dalam Microsoft Word, paragraf adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan
menekan tombolEn ter. Paragraf mungkin berupa judul laporan, bagian suatu daftar,
baris kosong di antara dua paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang mempunyai
satu pemikiran. Anda dapat mengatur format paragraf dengan
menggunakan salah satu cara berikut ini :
Pilih paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai
dengan keinginan anda.
Tempatkan pada titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraf atau
formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini,
semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti
format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau
memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
O. Mencetak Dokumen
Apabila anda ingin mencetak dokumen anda, dokumen tersebut harus sudah
diaktifkan atau ditampilkan di layar. Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif di
layar, ikuti langkah berikut ini :
Pilih dan klik menu File, Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan ditampilkan.
Pada tombol daftar pilihanName, pilih dan klik printer driver yang anda
inginkan.
Anda dapat menentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan
pemilihan dan pengisian pada kotak Page Range.
Nu• Klik tombol pilihan All, jika Anda bermaksud mencetak seluruh isi
dokumen.
• Klik tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
Apabila anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak
isian mber of Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
Pada tombol daftar pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi
dokumen.
Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan Print.
• All pages in range, bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman
genap.
• Odd pages, jika Anda ingin mencetak halaman ganjil saja.
• Even pages,
Klik OK.
P. Mengakhiri Microsoft Word
Setalah seluruh kegiatan pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen
selesai, maka kita dapat mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu
kita memastikan bahwasannya dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum,
maka simpanlah dokumen yang telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru
kemusian keluar dari Microsoft Word.
Untuk keluar dari Microsoft Word, dapat dipilih di antara cara-cara berikut ini :
Pilih dan klik tombol pada menu File, Exit .
Klik tombol bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft
Word.
Tekan Alt +F46
Q. Kombinasi Shortcut Tombol Dalam MS. Word
Ctrl + a –> Select all
Ctrl + b –> Bold
Ctrl + c –> Copy
Ctrl + d –> Edit font
Ctrl + e –> Rata tengah
Ctrl + f –> Find
Ctrl + g –> Go to
Ctrl + h –> Replace
Ctrl + i –> Italic
Ctrl + j –> Rata kiri kanan
Ctrl + k –> Insert hyperlink
Ctrl + l –> Rata kiri
Ctrl + m –> Mengatur indent kiri
Ctrl + n –> Membuat dokumen baru
Ctrl + o –> Membuka dokumen yang telah ada
Page 19
Ctrl + p –> Print
Ctrl + q –> Membersihkan format paragraf
Ctrl + r –> Right
Ctrl + s –> Save
Ctrl + t –> Mengatur hanging indent kiri
Ctrl + u –> Underline
Ctrl + v –> Paste
Ctrl + w –> Close window
Ctrl + x –> Cut
Ctrl + y –> Redo
Ctrl + z –> Undo
Ctrl + ] –> Perbesar font size
Ctrl + [ –> Perkecil font size
Ctrl + = –> Subscript
Ctrl + Shift + = –> Superscript
Ctrl + scroll ke atas –> Zoom In
Ctrl + scroll ke bawah –> Zoom Out7
R. Penulisan Arab
a. Sistem Transliterasi Arab Latin
No
Huraf Arab Transliterasi Lambang
1 ا - Tidak dilambangkan
2 ب B -
3 ت T -
4 ث S| S titik di atas
5 ج J -
6 ح H{ H titik di bawah
7 خ Kh K dan H
8 د D -
9 ذ Z| Z titik di atas
10 ر R -
11 ز Z -
12 س S -
13 ش Sy S dan Y
14 ص S{ S titik di bawah
15 ض D{ D titik di bawah
16 ط T{ T titi di bawah
17 ظ Z{ Z titik di bawah
18 ع ... ’ ... Koma terbalik di atas
19 غ G -
20 ف F -
21 ق Q -
22 ك K -
23 ل L -
24 م M -
52 ن N -
26 و W -
27 ھ H -
28 ء ...‘... Apostrof
29 ي Y
Keterangan: Pedoman Transliterasi Arab Latin ini berdasarkan Keputusan bersama
Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, No
158 tahun 1987 dan No. 0543 b/U/1987. Tertanggal 22 Januari 1998.8
Penulisan Diftong
au = أو
ai = أي
Penulisan Mad (panjang)
A = a> panjang
I = i> panjang
U = u> panjang
Penulisan Kata Sandang Alif + Lam
1. Bila alif +lam diikuti furuf qamariyyah maka ditulis al
Contoh: القرأن ditulis Al-Qur’an
2. Bila alif +lam diikuti huruf syamsiyyah maka ditulis sesuai dengan huruf
yang mengikutinya
Contoh:الشمس asy-Syamsu
b. Rumus Pengetikan Translitrasi Arab-Latin (Kapital)
No Huruf Transliterasi Rumus
1 ث S| Shift+garis miring terbalik
2 ح H{ Shif+buka kurung siku/kurawal
3 ذ Z| Shift+Garis miring terbalik
4 ص S{ Shift+buka kurung siku/kurawal
5 ض D{ Shif+buka kurung siku/kurawal
6 ط T{ Shift+buka kurung siku/kurawal
7 ظ Z{ Shift+buka kurung siku/kurawal
8 Mad A< Shif+koma
9 Mad I< Shif+koma
10 Mad U< Shif+koma
c. Rumus Pengetikan Translitrasi Arab-Latin (Kecil)
No Huruf Transliterasi Rumus
1
ث s\ garis miring terbalik
2
ح h} Shif+tutup kurung siku/kurawal
3
ذ z} Garis miring terbalik
4 ص s} Shift+tutup kurung siku/kurawal
5 ض d} Shif+tutup kurung siku/kurawal
6
ط t} Shift+buka kurung siku/kurawal
7
ظ z} Shift+tutup kurung siku/kurawal
8 Mad a> Shif+titik
9 Mad i> Shif+titik
10 Mad u> Shif+titik
Penulisan Kata dalam Rangkaian Frasa atau Kalimat
1. Frasa atau kalimat dapat ditulis perkata
Contoh: واملفسرون تفسري ditulis Tafsi>r wa al-Mufassiru>n
2. Frasa atau kalimat dapat ditulis menurut bunyi atau pengucapan dalam rangakaian
tersebut
Contoh: واملفسرون تفسري ditulis Tafsi>r wal Mufassiru>n
Adapun penulisan kata yang sudah populer tidak mengalami perubahan, seperti Rasulullah,
Al-Qur’an, Muhammad, Ali, Abdullah, dan Allah.9
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari uraian diatas maka penyusun makalah mengambil kesimpulan :
1. Di era globalisasi ini sangat di perlukan khususnya bagi pelajaar untuk menguasai
ilmu komputer seperti Ms. Office (Word, Excel dan PowerPoint).
2. Para Dosen minimal harus tahu cara mengoperasikan Komputer terutama Ms. Word.
3. Ms. Word sebagai salah satu ilmu komputer yang paling banyak dioperasikan di
seluruh dunia.
B. Saran
Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan
kesistem pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat
dalam segala bidang. Salah satunya adalah ilmu Komputer yang harus di lakukan
bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara lain adalah
dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis merasa tugas pembuatan
makalah mengenai Ms. Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi
juga bagi pembacanya. Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih
mengerti lagi mengenai apa itu komputer dan Ms. Word.
DAFTAR PUSTAKA
http://agustina13dwi.blogspot.com/2013/12/makalah-ms-word.html
http://sejarahlengkap.com/teknologi/sejarah-microsoft-word
http://agustina13dwi.blogspot.com/2013/12/makalah-ms-word.html
https://thawalibgunung.wordpress.com/profil/memulai-mengoperasikan-microsoft-
word/
http://godamaiku.blogspot.com/2012/03/fungsi-fungsi-pada-ms-word.html
http://agustina13dwi.blogspot.com/2013/12/makalah-ms-word.html
http://imahaquarius.blogspot.com/2016/01/makalah-aplikasi-komputer-
microsoft.html
Penerbit Bumi Aksara, Ejaan Yang Disempurnakan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011),
hal. 91-93
Abdul Manaf, Pedoman Peulisan, t.tp,t.p,t.th
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Makalah microsoft office excel
BAB 1 PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkai...
-
MAKALAH IDHGAM BAB I PENDAHU LUAN A. Latar Belakang Masalah Melihat fenomena pada masyarakat saat ini, dimana masih banyak yang be...
-
BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang Al-Qur’an sebagai kitab suci rahmatan lil ‘alamin, rahmat bagi seluruh alam yang di dalamn...
-
BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkai...
Bkannya ini yg saya buat yaa
BalasHapus